Aplikasi Protokol TCP/IP (DNS-NFS-SNMP-Gopher)

1. Domain Name System

Pada contoh pengiriman SMTP yang telah dibahas sebelumnya maka pada nama host digunakan nama mesin dan tidak lagi IP address (nomer mesin) sebagai penyimpan mailbox. Pada umumnya user lebih mudah mengingat nama daripada IP address. Pada saat ini IP address merupakan nama host yang terdisi dari kombinasi angka sebanyak 32-bit, yaitu terdiri dari 4 x 8-bit, oleh karena itu disebut IPv4, dan saat ini sedang dilakukan studi mengenai penggunaan IPv6 atau disebut IPng (IP next generation).

Program aplikasi yang berjalan dengan protokol TCP/IP menggunakan IP address yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang untuk mengingat kombinasi IP address yang terdiri dari 4 angka, oleh karena itu diperlukan sebuah service aplikasi yang berfungsi untuk menerjemahkan IP address 32-bit menjadi sebuah simbol nama. Proses penterjemahan IP address ke sebuah simbol nama dan sebaliknya dikerjakan oleh DNS (domain name system).

Sistem DNS bekerja berdasarkan kepada database nama-nama host atau yang sering disebut name-server, dan jika diberikan nama host maka DNS akan menterjemahkan ke IP address, dan jika diberikan IP address DNS dapat menterjemahkan kedalam nama host atau yang sering disebut pointer-queries, yang berarti jika diberikan IP address DNS dapat mengembalikan ke nama host yang terdaftar sebagai IP address tersebut.

2. Network File System (NFS)

NFS adalah suatu protokol yang dipakai untuk mengoperasikan suatu host agar dapat bekerja sebagai penyedia file, yang awalnya dikembangkan oleh SUN Microsystems dan kemudian dipakai oelh berbagai sistem operasi jaringan, misalnya Novell, Linux, dll. Bila protokol ini dijalankan pada sebuah komputer maka akan memungkinkan mengirimkan file termasuk file sistem operasi kepada client, dengan demikian host yang menjadi client NFS dapat memiliki berbagai sistem operasi.

3. Simple Network Management Protocol (SNMP)

SNMP merupakan sistem yang dipergunakan untuk mengelola dan memonitor jaringan TCP/IP. Pada gambar dibawah ditunjukkan bahwa SNMP manager adalah suatu host khusus dalam jaringan yang dapat dipergunakan untuk mengirimkan pertanyaan yang berkisar untuk manajemen jaringan kepada host/node yang lain.

4. Gopher

Aplikasi ini menyediakan database berupa dokumen (text base) yang dapat diakses. Dokumen-dokumen yang sejenis dikelompokkan dalam satu direktori dan disusun secara hirarki dari yang paling umum sampai yang paling khusus. Dokumendokumen seperti jurnal-jurnal, abstrak, makalah maupun karya-karya tulis lainnya biasanya dimasukkan dalam database gopher. Mesin yang menjadi server database ini dapat dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk suatu sistem database server yang terdistribusi.

Sistem database yang terdistribusi ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan sistem database yang terpusat. Dengan sistem ini, masing-masing sumber data dapat mengolah sendiri data yang dimilikinya. Penambahan data baru, up-date data yang telah lama dsb. dapat dilakukan oleh masing-masing sumber. Apa yang harus dilakukan hanyalah koordinasi dalam menciptakan link. Jika terjadi masalah teknis pada suatu sumber data, maka sumber data yang lain tidak akan terganggu. Hal ini jelas berbeda dengan sistem data terpusat, dimana seluruh sumber data mengirimkan datanya terlebih dahulu untuk dikumpulkan di pusat. Demikian juga bila ada penambahan data, prosesnya juga lebih panjang. Yang paling fatal, jika terjadi masalah teknis di pusat data tersebut, maka seluruh data tidak dapat diakses. Saat ini, gopher jarang digunakan orang karena keterbatasannya yang hanya menampilkan data berupa teks. Hal ini terjadi sejak aplikasi world-wide-web (WWW) mulai terkenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: