Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala memang sering terjadi pada ibu hamil yaitu pada trimester pertama atau pada hamil tua (pada bulan – bulan akhir kehamilan). Pada trimrster pertama kehamilan, hormon progesterone menyebabkan otot melemas dan metabolisme menjadi melambat, sehingga energi ibu hamil berkurang, belum lagi mual dan muntah pada awal kehamilan membuat asupan kalori ibu hamil berkurang, sehingga ibu merasa lemah dan tak bertenaga.
Pada trimester ketiga kehamilan, ibu hamil menjadi lebih lelah dikarenakan beban janin yang semakin bertambah berat disertai adanya gangguan tidur karena gerakan bayi yang berlebihan, sering buang air kecil pada malam hari, dan rasa tidak nyaman lainnya yang dialami saat malam hari yang menggangu tidur ibu hamil.
Jika rasa lelah dirasakan sangat berat dan terus berlangsungv setelah melewati bulan ketiga kehamilan terutama pada trimester ketiga kehamilan, mungkin merupakan suatu tanda adanya anemia (kurang darah). Apabila hal ini terjadi segeralah ke dokter untuk pemeriksaan dan tindak lebih lanjut.

Tips :
– Istirahat cukup dan perhatikan asupan gizi terutama masa awal kehamilan.
– Perhatikan tanda – tanda dari tubuh Anda. Pastikan Anda tidur siang dan istirahat yang cukup.
– Hindari terbangun dari tidur malam hari. Minumlah cairan yang cukup selama pagi dan siang hari dan hindari minum terlalu banyak sebelum tidur, dan Anda tidak harus terbangun untuk buang air kecil, sehingga tidur Anda tidak terganggu.
– Tidur lebih awal setiap hari dan usahakan untuk dapat tidur siang.
– Seimbangkan waktu istirahat dan olahraga. Olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki, berenang yang dapat meningkat semangat dan tingkat energi Anda.
– Konsumsilah asupan gizi yang baik dan seimbang, makanlah cukup protein dan zat besi.
– Gunakalah waktu untuk bersantai, hindari stress atau situasi yang penuh tekanan.
– Diskusikanlah rasa lelah Anda dengan suami, keluarga dan teman dekat agar semuanya tahu akan kondisi Anda dan mereka dapat memberikan perhatian yang ekstra kepada Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: