Nyeri kepala pada kehamilan

Nyeri kepala dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain disebabkan karena perubahan hormonal, lelah, tegang, kadar gula darah rendah, pilek atau hidung tersumbat, atau kombinasi dari beberapa faktor ini. Nyeri kepala umum terjadi saat hamil. Jika sebelum hamil telah sering mengalami nyeri kepala, saat hamil nyeri kepala dapat bertambah lebih parah.

TIPS untuk mengatasi mengatasi nyeri kepala :

• sering nyeri kepala dapat merupakan tanda bahwa ibu hamil terlalu banyak beraktivitas. Cobalah untuk mengurangi dan membatasi aktivitas Anda yang biasa dilakukan sebelum Anda hamil dan lihatlah apakah tindakan ini akan mengurangi nyeri kepala.
• Jika Anda mengalami nyeri kepala saat bekerja di kantor, mungkin penyebabnya adalah kualitas udara pada tempat anda bekerja. Cobalah mencari udara segar setiap 2 jam sekali dengan berjalan sebentar di sekitar tempat kerja. Menggerakkan tubuh dapat membuat rasa nyaman dan udara segar dapat menjernihkan dan menyegarkan kepala. Zat yang dapat memicu alergi seperti debu dan lumut juga dapat menyebabkan nyeri kepala.
• Pemberian kompres dingin pada kepala juga dapat meringankan nyeri kepala yang disebabkan oleh rasa tegang dan lelah. Kompreslah pada kening, tengkuk dan tutuplah mata lalu tarik nafas dalam.
• Menutup mata dan beristirahat di tempat yang gelap dapat membantu mengurangi nyeri kepala.
• Mintalah suami atau keluarga untuk memijat pelan leher, tengkuk dan bahu Anda. Pijat tradisional dapat membantu mengurangi ketegangan Anda, membuat Anda rileks sehingga nyeri kepala dapat berkurang. Jika sebelum hamil Anda biasa melakukan akupuntur pada daerah di antara ibu jari dan jari telunjuk untuk menghilangkan nyeri kepala, jangan lakukan hal itu terlalu sering pada saat anda hamil karena titik ini juga dapat merangsang persalinan.
• Hindari makanan yang dapat menimbulkan nyeri kepala seperti cokelat, keju, anggur merah dan makanan yang mengandung gula olahan.
• Konsumsilah protein lebih banyak, karena protein merupakan zat pembentuk zat kimia di dalam otak dan membuat keseimbangan kimia otak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: